Dewan Ajak Masyarakat Jaga Toleransi

BUKA PUASA BERSAMA


PALANGKA RAYA-Jajaran DPRD Provinsi menggelar buka puasa bersama, dengan sejumlah unsur terkait Rabu (23/5) sore. Sebut saja pihak Pemprov yang diwakili secara langsung oleh Wakil Gubernur Habib H Said Ismail, dan jajaran SOPD.


Kegiatan yang dipimpin secara langsung, oleh Wakil Ketua DPRD H Abdul Razak itu. Hadir juga sejumlah tokoh keagamaan, seperti Ketua MUI Kota Palangka Raya KH Zainal Arifin, selaku penceramah.


Moment itu juga dimanfaatkan dengan berbagi bersama anak-anak panti asuhan, yang juga dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis.


Dalam sambutan Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang yang dibacakan oleh Wakil Ketua H Abdul Razak, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga toleransi antar sesama. Intinya dalam momen ramadan tahun ini, individu mesti fokus untuk menjadi orang yang bertakwa serta beriman kepada Allah SWT.


“Kita juga harus membantu serta menghargai satu sama lainnya. Jangan sampai terpecah belah akibat oknum-oknum yang tidak menginginkan, adanya harmonisasi di wilayah kita,” ucap legislator senior Partai Golkar tersebut. Maka untuk itu dirinya juga apresiasi serta mengucapkan terimakasih, kepada saudara umat non muslim terkait toleransi yang ada.


Apalagi Kalteng saat ini sudah aman serta kondusif, mesti dipertahankan dengan berbagai upaya. Tujuannya agar rasa nyaman dalam berkomunikasi antar masyarakat, tetap terjaga dengan baik. Kendati didalamnya memiliki ragam perbedaan, namun wilayah itu tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dalam lingkup filosofi Huma Betang.


Sementara itu Ketua MUI Kota Palangka Raya KH Zainal Airifin, juga mengajak selurh umat muslim, di wilayah itu untuk terus meningkatkan keimanannya. “Yang terpenting kita harus tetap menjaga kedamaian di Kalteng, jangan terprovokasi dengan isu-isu menyesatkan di luar sana,” ujarnya.


Terkait adanya aksi teror bom bunuh diri yang terjadi belum lama ini, hal itu tidak dapat dibenarkan. Dirinya sebagai salah seorang pemuka agama di wilayah itu, sangat menentang dan tidak setuju dengan adanya aksi semacam itu. Dirinya menyebut aksi bom bunuh diri bukanlah sebuah implementasi dari Jihad.


Bahkan merupakan perbuatan orang-orang jahat, yang justru tidak membawa pada kematian yang syahid, namun kafir. “Mari kita jaga bersama kedamaian dan harmonisasi di kota kita ini, dan saya himbau agar segenap umat Islam di Kalteng, tetap mempertahankan situasi kondusif yang sudah ada. Jaga toleransi antar umat beragama,” tegasnya.


Perlu diketahui, dalam buka puasa bersama itu hadir sejumlah anggota DPRD Kalteng. Sebut saja seperti Anggoro D Purnomo, Duwel Rawing, HM Asera, Syahrudin Durasid, H Edy Rosada, H Achmad Amur, H Jubair Arifin, dan jajaran lainnya. Hadir juga Sekretaris Dewan (Sekwan) Tantan D Matan bersama jajarannya, dalam kegiatan rutin satu tahun sekali tersebut.