Desak Pansus

Dari Bundaran Besar, puluhan orang yang mewakili 206 tekon kemudian berjalan ke Gedung DPRD Kalteng. Puluhan aparat kepolisian, dibantu anggota Satpol PP mengawal aksi mereka sepanjang jalan.


Puluhan masa yang menggelar aksi damai di depan pagar utama kantor DPRD Kalteng di Jalan S Parman ini, akhirnya ditemui oleh Wakil Ketua DPRD Kalteng, H Heriansyah. Heriansyah mempersilakan beberapa perwakilan peserta aksi untuk menyampaikan aspirasinya.


Bayu Adistia kepada wartawan mengatakan, aksi damai tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti laporan yang telah disampaikan ke DPRD Kalteng sebelumnya. Bahkan selain melaporkan masalah tersebut kepada Ombudsman, pihaknya sudah empat kali mengikuti RDP dengan Komisi A yang membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan.


Namun, sayangnya, Plt Sekda selaku penanggungjawab evaluasi tenaga kontrak tersebut tidak pernah menghadiri undangan DPRD Kalteng, untuk memberikan penjelasan, sehingga masalah tersebut berlarut-larut sampai sekarang ini. “Kami harus melaksanakan aksi ini, karena hampir dua minggu  sejak pemanggilan terakhir Plt Sekda tidak ada kejelasan, agar aspirasi kami didengar,” kata Bayu.


Pihaknya sangat menyayangkan sampai saat ini, pihak Pemprov tidak ada niat baik untuk segera menuntaskan permasalahan, terlebih untuk menjelaskan berbagai kejanggalan dan maladministrasi yang terjadi, baik dari pelaksanaan test, penilaian dan pengumuman hasilnya. “Data sudah kita berikan ke Komisi A, harapan kita Dewan bisa menyikapi masalah ini melewati jalur politiknya apakah itu Pansus dan lain-lain,” kata Bayu.


Sementara, Heriansyah yang menerima demonstran itu mengatakan, aspirasi para tenaga kontrak akan disampaikan kepada Komisi yang bersangkutan agar bisa segera ditindaklanjuti.


Bahkan, kata Heriansyah, DPRD Kalteng juga akan terus mempertanyakan masalah tersebut kepada Pemprov. Terkait apakah akan dibentuk Pansus dalam kasus tersebut, H Heriansyah masih menunggu tindak lanjut dari masalah tersebut. “Jika ditanya Pansus, semuanya mungkin,” pungkasnya.