Bupati/Wali Kota Diminta Jaga Amanat Rakyat

* Gubernur Resmi Lantik 10 Bupati/Wali Kota


PALANGKA RAYA - Senin (24/9) pagi, bertempat di Istana Isen Mulang, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran resmi melantik sembilan pasangan Bupati dan Wakil Bupati, serta satu pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Pilkada serentak yang lalu.


Acara pelantikan tersebut didahului dengan kirab oleh Gubernur Kalteng, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Kalteng, dan diikuti Bupati dan Wabup, serta Wali Kota dan Wawali yang akan dilantik dari rumah jabatan Gubernur menuju Istana Isen Mulang, diiringi oleh penari, Jagau dan Bawi Nyai Kalteng, serta dikawal Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad).


Sementara 10 pasangan kepala daerah yang dilantik tersebut, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan HM Nafiah Ibnor, Bupati dan Wabup Barito Utara H Nadalsyah dan Sugianto Panala Putra.


Kemudian, Bupati dan Wabup Katingan Sakariyas dan Sunardi, Bupati dan Wabup Seruyan Yulhaidir dan Hj Iswanti, Bupati dan Wabup Sukamara H Windu Subagio dan H Ahmadi, Bupati dan Wabup Lamandau H Hendra Lesmana dan Riko Porwanto.


Selanjutnya Bupati dan Wabup Pulang Pisau H Edy Pratowo dan Pudjirustaty Narang, Bupati dan Wabup Murung Raya Perdie dan Rejikinoor, Bupati dan Wabup Barito Timur Ampera AY Mebas dan Habib Said Abdul Saleh. Sedangkan Wali Kota dan Wawali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Hj Umi Mastikah.


Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutanya mengajak Bupati dan Wabup, Wali Kota dan Wawali Kota terpilih dan sudah dilantik tersebut agar mengemban amanat rakyat dengan baik dan jangan sampai mengecewakan masyarakat yang telah memercayakan mereka.


“Emban amanat yang sudah diberikan oleh masyarakat tersebut dengan baik, jangan sampai Bapak/Ibu mengecewakan masyarakat. Bahkan saat pelantikan, Bapak/Ibu juga sudah mengucapkan sumpah/janji dan melakukan penandatanganan pakta integritas,” ujarnya.


Gubernur berharap apa yang sudah direncanakan, visi misi dan program dapat dilaksanakan. Kemudian berkoordinasi dengan Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD di daerahnya masing-masing. “Jalin koordinasi dan komunikasi dengan baik,” katanya.


Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin yang juga sebagai wali kota termuda se-Indonesia tersebut mengaku bangga sebagai wali kota termuda. “Namun juga kita harus cepat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada dan yang terpenting adalah dapat menjaga amanat rakyat Kota Palangka Raya sebaik mungkin,” ujarnya.


Bupati Murung Raya Perdie Yoseph mengatakan setelah pelantikan ini, visi misi dan janji politiknya saat kampanye lalu akan dijalankan secara terencana, terukur, matang, bertabap dan berkeseinambungan serta pro rakyat, disinergikan dengan apa yang menjadi harapan Gubernur Kalteng.


Sementara itu, mantan Bupati Lamandau dua periode, Marukan, mengucapkan selamat kepada H Hendra Lesmana dan Riko Porwanto yang telah dilantik menjadi Bupati dan Wabup periode 2018-2013. “Selamat bertugas, semoga apa yang menjadi niatan, visi misinya dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Marukan.


Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, anggota DPR RI Asdy Narang, Rahmat Nasution Hamka, Hamdani, Ruhut Sitompul, Nurdin Tampubolon, anggota DPD RI Permana Sari, M Rakhman, Forkopimda Provinsi Kalteng, Penyelenggara Pilkada, dan pihak terkait lainnya. dkw