Barsel Usulkan Bantuan Bibit Ternak

RESES DAPIL IV


PALANGKA RAYA–Sejumlah desa di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengusulkan bantuan bibit ternak kepada Pemprov Kalteng. Permintaan bantuan bibit ternak tersebut diusulkan dalam rangka memberdayakan masyarakat.


Anggota DPRD Kalteng dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng IV, meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barsel, Ina Prayawati mengatakan, dalam reses masa persidangan III Tahun sidang 2017 lalu, selain berkunjung ke sejumlah kecamatan di wilayah Dapil IV,  mereka melaksanakan peninjauan lapangan, pihaknya juga mengadakan pertemuan dengan jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab).


Dalam pertemuan dengan jajaran Pemkab Barsel, ungkap Ina, berkembang berbagai usulan serta aspirasi, di antaranya mengenai pembangunan di bidang perekonomian. Di mana masyarakat di sejumlah desa di Barsel mempunyai potensi untuk mengembangkan bidang peternakan, namun mereka terkendala bibit ternak.


“Dari DPRD Barsel mengusulkan adanya bantuan bibit ternak terutama unggas pada Desa Marga Jaya dan Malungai Raya,” kata Ina, di gedung Dewan, Senin (18/12).


Selain mengusulkan bantuan bibit, ada juga usulan mengenai pembangunan di bidang infrastruktur, di mana sebelumnya banyak usulan yang disampaikan, di antaranya perlunya pendalaman Sungai Paken, kemudian ada juga warga yang mengusulkan pembangunan jembatan di Desa Bintang Ara atau jembatan yang melintasi Sungai Ayuh.


Sebelumnya, anggota Komisi C DPRD Kalteng, yang membidangi kesejahteraan rakyat ini juga menyampaikan, dalam reses itu, warga Kecamatan Bintang Awai mengusulkan peningkatan jalan lingkungan, karena saat ini banyak jalan lingkungan di wilayah ini mengalami kerusakan. “Mereka mengusulkan peningkatan dan pembangunan jalan lingkungan pada lokasi Desa Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji, yakni jalan PP Dinan ke Desa Muka Haji sepanjang 3 Km,” kata Ina.


Ina yang juga Ketua Tim I Dapil IV ini menerangkan, di sepanjang jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut terdapat juga jembatan titian sepanjang 300 meter.


Di samping itu ada juga jalan TH Ahim ke Desa Muka Haji sepanjang 4,5 Km, serta peningkatan badan jalan pada jalan Des Tabak Kanilan menuju Desa Kayumban dan Papuk. “Ada juga usulan jalan tembus dari Desa Sarimbuah ke jalan simpang tiga Desa Gagutur dan Marga Jaya sepanjang 6,3 Km,” terang Srikandi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.


Dia menambahkan, usulan lain adalah peningkatan jalan induk Desa Marga Jaya menuju Desa Gagutur sampai ke jalan Negara Ampah-Muara Teweh sepanjang 17 Km, kemudian jalan dari Desa Ugang Sayu menuju Desa Palurejo sepanjang 6 Km.


Disamping itu, jalan induk Desa Palurejo menuju Balai Desa dan Poskesdes dan Balai Benih Induk Perikanan sepanjang 10 Km serta jalan simpang Sayang menuju Desa Tabak Kanilan sepanjang 6 Km. “Jalan Patas II/Buyui menuju Desa Bitang Ara sepanjang 5 Km, kemudian jalan Desa Ngurit menuju Desa Malungai Raya sepanjang 7 Km, ada juga usulan peningkatan jalan pemukiman dari Desa Malungai Raya menuju Desa Malungai Dalam sepanjang 4,5 Km dan jalan Desa Wungkur menuju Desa Baruang sepanjang 7 Km,” pungkas Anggota DPRD Kalteng dua periode ini.