Banyak Desa Belum Masuk Jaringan Seluler

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalteng kerap menerima sejumlah usulan serta keinginan dari masyarakat. Salah satu persoalan yang sering disampaikan, seperti keinginan dibangunnya jaringan telekomunikasi.


Legislator dari Fraksi PDIP Duwel Rawing mengakui dirinya sering berkunjung ke dalam daerah, dan mendengar usulan warga setempat.


“Ketiadaan jaringan telekomunikasi, jelas berdampak pada berbagai lini. Sebut saja pendidikan, informasi, hingga teknologi,” ujarnya kepada awak media ketika ditemui, di sela-sela rapat kerja, belum lama ini. Terkait pendidikan dirinya mencontohkan seperti penerapan ujian berbasis komputer.


Hal itu tidak akan dapat dilaksanakan, apabila tidak adanya jaringan telekomunikasi di suatu wilayah. Bahkan untuk sekedar berbagi informasi saja, masyarakat akan kesulitan mengingat betapa berharganya hal semacam itu diera yang serba maju ini. Apalagi di beberapa daerah, sudah ada yang menerapkan sistem online bagi perangkat desa, dalam pelaporan ataupun kinerjanya.


Mantan Bupati Katingan dua periode itu juga sempat menerima informasi, dimana ada beberapa sekolah yang terpaksa harus menumpang UNBK ke sekolah lainnya. Kondisi itu terjadi dikarenakan wilayah yang ada, tidak memiliki sinyal.


Anggota Komisi C yang membidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan lainnya itu mencontohkan wilayah yang perlu perhatian seperti  Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi.  Sejumlah usulan masyarakat yang paling vital disana, seperti persoalan listrik dan jaringan telekomunikasi.


Apalagi letak Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi sendiri merupakan wilayah paling ujung dari Kabupaten Katingan, dengan akses yang masih cukup sulit. Pihaknya sendiri mengakui cukup kesulitan ketika menghubungi para aparatur kecamatan disana, mengingat tidak adanya sinyal telekomunikasi.


Dari informasi di lapangan, untuk bisa mendapatkan sinyal atau melakukan komunikasi melalui telepon seluler, masyarakat mesti mencari bukit atau kawasan yang agak tinggi. Terkait itu warga setempat sangat berharap, didirikannya jaringan telekomunikasi yang menghasilkan sinyal.