Aset Daerah Jangan Sampai Terbengkalai

PALANGKA RAYA - Menanggapi hasil dari peninjauan langsung oleh Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), ke beberapa aset daerah pada, Selasa (21/01) lalu, pihak DPRD meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, untuk memfungsikan kembali beberapa aset yang dinilai mubazir apabila terbengkalai.


Salah satu aset yang dimaksud yakni eks gedung Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng, yang terletak di jalan Tjilik Riwut KM 2 Palangka Raya. Sebab, gedung tersebut sudah tidak difungsikan sejak Disperkimtan Kalteng menempati gedung baru yang terletak di jalan DI Pandjaitan sejak akhir 2019 lalu.


Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi I DPRD Kalteng, Hj Rusita Irma. Ia menyampaikan, ketika meninjau secara langsung sejumlah aset daerah bersama jajaran Komisi I DPRD Kalteng kemarin, pihaknya melihat kondisi eks gedung Disperkimtan Kalteng tersebut masih dalam kondisi yang sangat bagus. Sehingga, ia menilai bahwa sangat disayangkan apabila gedung tersebut tidak difungsikan kembali.


“Kita dari Komisi I sudah melihat bagaimana kondisi gedung tersebut, masih sangat bagus dan sangat sayang sekali apabila gedung itu tidak difungsikan lagi atau terkesan mubazir saja,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Rabu (22/01) siang.


Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut juga mengungkapkan, mengingat kondisi gedung yang masih sangat baik tersebut, pihak Pemprov Kalteng masih bisa mengalihfungsikan gedung tersebut untuk keperluan lain seperti bagi lembaga atau Instansi/Dinas yang belum memiliki gedung tetap ataupun berstatus pinjam pakai.


“Pemprov tentu bisa mengalihfungsikan gedung itu untuk Dinas-Dinas/Instansi-Instansi maupun lembaga yang masih belum memiliki gedung tetap. Bahwak kalau perlu bisa disewakan kepada pihak swasta atau perusahaan-perusahaan, karena hasil dari penyewaan gedung dapat berdampak positif bagi pendapatan daerah kita,” tutup Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini.