Asdy Narang Sosialisasi 4 Pilar di Poltekes

PALANGKA RAYA -Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Asdy Narang kembali melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Poltekes Kemenkes, Palangka Raya, Rabu (18/4).


Acara yang digelar di aula utama Poltekes Kemenkes tersebut, dihadiri  unsur pimpinan Poltekes, seperti Direktur Poltekes Dhini, tenaga pengajar dan para mahasiswa-mahasiswi Poltekes Palangka. Hadir juga sebagai narasumber dosen Fisipol UPR Jhon Retei Alfrisandi.


Dalam pemaparannya, Asdy menekankan akan pentingnya ideologi Pancasila dan bela negara yang harus dihayati dan dilaksanakan oleh generasi sekarang ini. “Peran warga negara sangat penting dalam rangka mempertahankan dan memajukan kehidupan berbangsa dan bernegaranya. Karena itu, bela negara bagi warga negara Indonesia, merupakan sesuatu yang niscaya dengan berbagai dimensi dan aspeknya,” kata Asdy.


Asdy menjelaskan, sikap bela negara adalah tekad, sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada Tanah Air. Kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi Negara, kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman, baik dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan Negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yurisdiksi nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.


“Perlu digarisbawahi Pancasila sebagai ideologi Negara menjadi kunci kekuatan dalam bela negara. Secara prinsip nilai-nilai yang terkandung dalam masing-masing sila harus kita pahami dan maknai untuk kepentingan kehidupan negara dan bangsa,” tegas legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah ini.


Ditambahkan, semua yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar (falsafah) negara pandangan hidup (weltanschauung), serta ideologi nasional dan pemersatu dalam peri kehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia.


“Dengan demikian Pancasila merupakan sumber kunci kekuatan dalam belanegara, yang mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang sangat plural ini. Untuk itulah, kita sebagai warga negara, harus memahami dan memaknai nilai-nilai Pancasila itu, yang selanjutnya terimplementasikan dalam segala aspek kehidupan,” terang Anggota DPR-RI dua periode ini.


Dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut, juga diisi dengan berbagai diskusi yang diikuti antusias oleh seluruh peserta. Di sesi terakhir dari kegiatan tersebut diisi dengan foto bersama oleh seluruh peserta.