Asdy Minta Tingkatkan Promosi Pariwisata

PALANGKA RAYA -Selain sumber daya alam (SDA) seperti batu bara, salah satu faktor penting dalam menunjang pembangunan di Indonesia yang perlu didorong adalah bidang pariwisata. Pasalnya, bidang pariwisata merupakan salah satu potensi yang tidak akan pernah habis. Sebab itu, pemerintah beserta seluruh elemen dapat bersinergi untuk terus meningkatkan promosi pariwisata yang ada di Indonesia.


Demikian disampaikan Anggota Komisi X DPR RI, dari Fraksi PDI Perjuangan, Asdy Narang saat menyampaikan materi terkait pembangunan kepariwisataan, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Sosialisasi Kebijakan Promosi Pariwisata di Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika, yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian, di Hotel Neo, Palangka Raya, Senin (30/10).


Dalam kesempatan itu Asdy juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenpar, yang telah memilih Kota Palangka Raya sebagai tempatdilaksanakannya kegiatan tersebut. Menurutnya, potensi pariwisata Indonesia sangat potensial, karena Indonesia merupakan Negara yang diberikan kekayaan beraneka ragam melimpah, baik itu alam maupun budaya yang hampir ada di seluruh wilayah, termasuk di Kalteng.


“Potensi-potensi kekayaan tersebut sesungguhnya merupakan modal dasar untuk mengembangkan pariwisata secara profesional, tentunya dengan peningkatan promosi pariwisata yang profesional,” kata Asdy.


Legislator dari daerah pemilihan Kalteng ini menegaskan, dengan pengelolaan promosi profesional, tentunya akan mendatangkan keuntungan ekonomis maupun keuntungan-keuntungan lainnya bagi Negara dan daerah, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pariwisata.


“Tentunya, untuk mengembangkan dan mempromosikan kepariwisataan ini perlu didukung oleh berbagai aspek, dan kebijakan pemerintah yang mendorong untuk tumbuh kembangnya kepariwisataan nasional,” tambah Asdy.


Terpenting juga Asdy mengingatkan, bagaimana menggerakkan kelompok masyarakat sadar wisata, dimana salah satunya bagaimana menciptakan suasana yang kondusif di wilayah objek wisata. “Kelompok masyarakat sadar wisata mempunyai peranan penting dalam menciptakan suasana yang kondusif. Terpenting juga adalah sosialisasi, promosi kita harap ditingkatkan, kemudian agen pariwisata kita diperbanyak dan terpenting sinergitas antar-pemangku kepentingan,” pungkas Asdy.


Untuk diketahui, pariwisata merupakan bidang strategis dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pariwisata menyumbangkan 10 persen PDB Nasional dengan nominal tertinggi di Asean. PDB pariwisata nasional menyumbang 4,8 persen dengan tren naik sampai 6,9 persen, jauh lebih tinggi daripada industri agrikultural, manufaktur otomotif dan pertambangan.