Asdy Dukung Pembangunan Pariwisata Kalteng

PALANGKA RAYA – Selain sumber daya alam (SDA) yang melimpah, Kalimantan Tengah juga dikenal dengan berbagai potensi pariwisatanya, mulai dari wisata alam, wisata budaya, religi, dan berbagai potensi lainnya. Hanya saja, sampai sekarang ini pengembangannya belum maksimal.


Sebagai salah satu potensi yang tidak pernah habis, sudah seharusnya hal ini perlu didukung dan ditunjang oleh seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah hingga para pelaku usaha pariwisata.


Pengembangan sektor Pariwisata inilah sekarang yang menjadi perhatian dari Anggota Komisi X DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Asdy Narang.


Dalam beberapa kesempatan, Asdy mengajak pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI melaksanakan berbagai kegiatan, sosialisasi, hingga mencari masukan, bagaimana mengembangkan dan memasarkan seluruh potensi pariwisata yang ada di Bumi Tambun Bungai ini.


Bahkan dalam bulan ini saja, sudah 2-3 kali pihak Kemenpar melaksanakan kegiatan di Kalteng. Seperti yang baru saja dilaksanakan, Senin (23/4), di Hotel Fovere, Palangka Raya, pihak Kemenpar kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Eropa. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Asisten Deputi (Asdep) Deputi Regional IV Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II.


Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan pelaku usaha pariwisata, hadir langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan, perwakilan pihak Kemenpar, Tirta dan Anggota Komisi X DPR RI, Asdy Narang.


Kadisbudpar Kalteng Guntur Talajan mengatakan, pihaknya dari Pemprov terus berupaya meningkatkan pembangunan bidang kepariwisataan di daerah ini, berbagai upaya pun terus dilakukan, mulai dari melaksanakan berbagai promosi, perbaikan infrastruktur hingga melaksanakan berbagai festival, seperti Festival budaya Isen Mulang. “Ini salah satu upaya kita agar Pariwisata Kalteng tidak ketinggalan dari daerah lain,” kata Guntur.


Sementara dari perwakilan Kemenpar, Tetra mengatakan, pihaknya terus berupaya mendukung seluruh daerah untuk membangun bidang pariwisata, salah satunya di Kalteng. Bahkan bersyukur, untuk Kalteng didukung penuh oleh Anggota Komisi X DPR RI, Asdy Narang.


“Pengembangan Pariwisata Kalteng ini, didukung penuh oleh Bapak Asdy Narang, kemudian salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka mengumpulkan sumbang saran untuk dibuat kemasan, dimana hasilnya nanti akan didukung oleh pihak Kemenpar, sehingga nantinya Kalteng bisa sejahtera dengan sektor pariwisatanya,” kata Tetra.


Asdy menyampaikan, meski Kalteng ini dikenal dengan SDA-nya yang melimpah, namun hal tersebut jangan sampai membuat masyarakat terlena. Karena SDA yang melimpah ini harus diimbangi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).


Terlebih dia mengingatkan, selain sektor SDA, banyak sektor lain yang bisa digarap, yang potensinya tidak pernah akan habis, yakni sektor Pariwisata. “Di Negara lain, sektor Pariwisata ini sedang gencar-gencarnya di bangun. Bahkan, Pemerintah Pusat juga sudah menggalakan pembangunan bidang pariwisata ini, makanya kita harapkan juga pembangunan pariwisata Kalteng ini, bisa dilakukan dengan maksimal,” harap Asdy.