Andina Lantik Kepengurusan KPP Katingan

PALANGKA RAYA-Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Kalteng Andina Theresia Narang, kembali melantik/mengukuhkan kepengurusan KPP Kabupaten Katingan.


Pelantikan pengurus KPP Kabupaten Katingan yang dipimpin Endang Susilawatie yang juga Wakil Ketua DPRD Katingan ini, dilangsungkan di gedung DPRD Kabupaten Katingan, Selasa (28/11). Dalam pelantikan kemarin, hadir langsung Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir Ledie Nussa, Bupati Katingan, Sakarias, Wakil Ketua DPRD Katinga Alfujiansyah serta dihadiri oleh Anggota DPRD Katingan, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkimda) Kabupaten Katingan serta sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Kabupaten Katingan.


Dengan telah dilantiknya pengurus KPP Kabupaten Katingan tersebut, Andina berharap akan semakin mendorong pembangunan dan pemberdayaan perempuan khususnya di Kabupaten Katingan. “Ini penting, sehingga potensi dari kalangan perempuan betul-betul maju, mampu mandiri serta mempunyai daya saing yang patut diperhitungkan dalam era globalisasi ini,” kata Andina.


Dalam kesempatan itu Andina menjelaskan, KPP dibentuk untuk sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas perempuan parlemen serta dapat membina hidup kaum perempuan. Oleh sebab itu, dengan adanya KPP di Bumi Penyang Hinje Simpei tersebut juga diharapkan dapat mampu berjuang untuk pentingan orang banyak. “Khususnya untuk kepentingan kaum perempuan dan anak dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Anggota Komisi D DPRD Kalteng ini.


Dia juga meminta kepada pengurus yang sudah dilantik untuk untuk berlari cepat untuk mengejar beberapa agenda yang perlu pengawalan. Seperti memperjuangkan berbagai aturan mengenai perlindungan perempunan dan anak.


Sementara Ketua DPRD Kabupaten Katingan Ignatius Mantir dalam papaarannya menyambut baik terbentuknya KPP di Kabupaten tersebut. Dia juga berharap dengan terbentuknya KPP ini mampu berjuang dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memperjuangkan kaum perempuan dan anak di Kabupaten Katingan. “Saya menyambut baik dengan hadirnya KPP di Kabupaten Katingan ini,” kata Mantir.


Sementara Ketua KPP Katingan, Endang Susilawati mengatakan, pendirian KPP ini mempercepat proses demokrasi di Indonesia melalui pengarusutamaan gender dalam proses pembangunan dalam pembangunan serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan dalam fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran. “Misinya adalah meningkatkan partisipasi perempuan dalam setiap proses pengambilan kebijakan publik,” pungkasnya.